JENIS PENGENDALIAN MANAJEMEN
- pengendalian umpan depan = antisipasi masalah
- pengendalian sejalan = solusi masalah saat terjadi
- pengendalian umpan balik = solusi masalah sesudah terjadi
pengendalian umpan balik
- pada input
- mencegah masalah-masalah yang sudah di perhitungkan sebelumnya, sebelum melakukan “proses”
- contoh : program pemeliharaan pencegahan yang sudah di jadwal.
Pengendalian sejalan
- pada “proses”
- pengendalian yang berlangsung pada saat sebuah kegiatan sedang dilaksanakan
- contoh: pengawasan yang dilakukan oleh supervisor
Pengendalian umpan balik
- pada “output”
- pengendalian yang dilakukan pada saat sebuah kegiatan sudah dilaksanakan
- contoh: perbaikan mesin atau peralatan karena ada komponen yang rusak
SISTEM PENGENDALIAN YANG EFEKTIF
1. menghasilkan informasi yang akurat, handal dan valid.
2. tepat waktu : menyajikan informasi tepat pada waktunya.
3. hemat biaya : membutuhkan biaya yang minimal.
4. fleksibel : dapat disesuaikan dengan perubahan waktu dan keadaan.
5. mudah/dapat di pahami : dapat menyajikan masalah dengan jelas.
6. criteria yang “reasonable” : standar pengandilian yang masuk akal dan dapat dicapai.
7. penempatan yang strategis : dilakukan pada tempat-tempat yang dilakukan pada tempat-tempat yang dapat mengalami kerugian besar.
8. pada batas wewenang tertentu : setiap lapis manajer mempunyai batas wewenang sebagai dasar pengendalian.
9. dilaksanakan dengan “multimedia” tidak hanya tunggal.
10. memberikan alternative tindakan koreksi.
TEKNIK DAN ALAT PENGENDALIAN
A. pengendalian informasi :
* Sistem Informasi Manajemen (SIM) > sebuah system yang memberi manajemen (para manajer) informasi yang di butuhkan secara teratur.
* Data > fakta-fakta mentah yang belum dianalisa.
* Informasi > data yang sudah di analisa.
Kebutuhan Informasi Bagi Manajer
^ Manajer Puncak = ringkas,dengan lingkup yang luas, lebih eksternal.
^ Manajer madya = ringkas, dengan lingkup internal perusahaan.
^ Manajer Operasional = detil, teknis dengan lungkup bagian.
B. pengendalian keuangan :
1. Anggaran = alat perencanaan yang juga sebagai dasar pengendalian.
2. Analisa Rasio :
- Likuiditas (kemampuan bayar hutang lancar).
- Leverage (pendanaan asset, bunga dari luar).
- Operasional (efisiensi penggunaan aktiva).
- Profitabilitas (laba/penjualan).
C. pengendalian operasi :
J Bagan Pengendalian TQM = alat kendali manajemen yang memperlihatkan
hasil-hasil pengukuran selama periode waktu tertentu dengan batas kendali atas dan batas kendali bawah yang telah dihitung / ditentukan secara statistic.
J Model Kuantitas Pemesanan Ekonomis (EOQ) = suatu teknik untuk menyeimbangkan biaya-biaya pembelian, pemesanan, penyimpanan, dan habisnya stok, untuk mendapatkan jumlah yang optimal bagi suatu pemesanan pembelian barang yang diperlukan perusahaan.
D. pengendalian perilaku :
Dilakukan pada tahap-tahap:
1. seleksi karyawan
2. rancangan pekerjaan
3. penyeliaan langsung
4. pelatihan & mentoring
5. formalisasi
6. penilaian kerja & imbalan
7. budaya Organisasi & disiplin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar